Posisi, Potensi dan Peran (Identitas) Mahasiswa

Mahasiswa sebagai elemen pemuda memiliki hal seperti  posisi, potensi, dan peran khusus di dalam masyarakat,Posisi manusia di masyarakat di masyarakat dibagi menjadi tiga, antara lain masyarakat politik, masyarakat ekonomi, dan masyarakat sipil. Seorang manusia bisa menempati lebih dari satu posisi dengan memiliki posisi yang tepat.
Potensi kita tau adalah sesuatu yang tersimpan, sesuatu yang perlu untuk digali dan dikembangkan, baik itu yang baik maupun yang buruk. Potensi mahasiswa sebagai pemuda antara lain adalah kritis. Kritis itu adalah tanggap terhadap masalah dan berusaha menyelesaikan masalah dengan pemikiran-pemikiran yang benar.
 Selain kritis mahasiswa juga punya potensi idealis, idealis disini karena mahasiswa sebagai manusia-manusia yang dididik dalam suasana kampus yang ideal. Masyarakat sekitar mereaka yang idealis ataupun sejak kecil mereka belum pernah merasakan realism kehidupan. Mahasiswa juga memiliki potensi sebagai penggerak yang independen. Independen maksudnya mahasiswa mampu bergerak sendiri, mahasiswa sebagai memiliki ilmu-ilmu yang variatif bisa saling berkoordinasi membentuk sebuah gerakan yang mandiri tanpa campur tangan oknum lain termasuk pemerintahan. Selain itu juga mahasiswa memiliki kreatifitas, daya juang yang tinggi dan lain-lain.
Peran khusus yaitu memiliki kemampuan yang dapat di aplikasikan kepada masyarakat,seorang mahasiswa selain kritis dan idealis,mereka juga harus mempunyai attitute yang baik,sehingga mahasiswa harus menjadi seseorang yang dapat merubah stabilitas suatu negara maupun dunia menjadi lebih baik.

Comments

Popular posts from this blog

2. Unsur-unsur Sistem komputer

HUBUNGAN GEOPOLITIK DAN GEOSTRATEGI ( Wawasan Nusantara Dan Ketahanan Nasional )

3. Macam - macam alat Input, Output, Media Penyimpanan