Penduduk dan permasalahan

 Kepadatan penduduk dihitung dengan membagi jumlah penduduk dengan luas area dimana mereka tinggal.Beberapa pengamat masyarakat percaya bahwa konsep kapasitas muat juga berlaku pada penduduk bumi, yakni bahwa penduduk yang tak terkontrol dapat menyebabkan katastrofi Malthus. Beberapa menyangkal pendapat ini. Grafik berikut menunjukkan kenaikan logistik penduduk.
Distribusi usia dan jenis kelamin penduduk dalam negara atau wilayah tertentu dapat digambarkan dengan suatu piramida penduduk. Grafik berbentuk segitiga, dimana jumlah penduduk pada sumbu X, sedang kelompok usia (cohort) pada sumbu Y. Penduduk lak-laki ditunjukkan pada bagian kiri sumbu vertikal, sedang penduduk perempuan di bagian kanan.
Piramida penduduk menggambarkan perkembangan penduduk dalam kurun waktu tertentu,atau periode tertentu . Negara atau daerah dengan angka kematian bayi yang rendah dan memiliki usia harapan hidup tinggi, bentuk piramida penduduknya hampir menyerupai kotak, karena mayoritas penduduknya hidup hingga usia tua. Sebaliknya yang memiliki angka kematian bayi tinggi dan usia harapan hidup rendah, piramida penduduknya berbentuk menyerupai genta (lebar di tengah), yang menggambarkan tingginya angka kematian bayi dan tingginya risiko kematian.
Keadaan ekonomi sangat mempengaruhi suatu kelangsungan hidup pada beberapa penduduk,yang terlebih lagi adalah permasalahan tersebut masih belum juga dapat teratasi, yang mengakibatkan munculnya suatu permasalahan pada penduduk pada beberapa kota - kota yang ada di beberapa negara..
Permasalahan yang timbul dari permasalahan penduduk sebagai berikut:
1.Pengendalian jumlah penduduk
2.Imigrasi penduduk
3.Penurunan jumlah penduduk
4.Ledakan penduduk
5.Tingkat kematian
6.Tingkat Kelahiran

Comments

Popular posts from this blog

2. Unsur-unsur Sistem komputer

3. Macam - macam alat Input, Output, Media Penyimpanan

HUBUNGAN GEOPOLITIK DAN GEOSTRATEGI ( Wawasan Nusantara Dan Ketahanan Nasional )