Fungsi keluarga dalam kehidupan individu

 Keluarga  bisa juga di bilang sebagai kelompok masyarat terkecil, merupakan sebagian dari benih akal penyusunan kematangan individu dan struktur kepribadian.seperti  Anak-anak yang mengikuti orang tua dan berbagai kebiasaan dan perilaku dengan demikian keluarga adalah elemen pendidikan lain yang paling nyata, tepat dan amat besar. Keluarga adalah salah satu elemen pokok pembangunan karakter manusia, entitas-entitas pendidikan, menciptakan proses naturalisasi social, membentuk kepribadian-kepribadian serta memberi berbagai kebiasaan baik pada anak-anak yang akan terus bertahan lama.
Keluarga memiliki dampak yang besar dalam pembentukan perilaku individu serta pembentukan vitalitas dan ketenangan dari tiap individu, Keluarga bertanggung jawab mendidik anak-anak dengan benar dalam kriteria yang benar, jauh dari penyimpangan. Untuk itu dalam keluarga memiliki sejumlah tugas dan tanggung jawabmasing-masing.
Agar  suatu  keluarga  dapat dikatakan sebagai keluarga yang sehat dan bahagia, harus memiliki lima (5) kriteria yang amat penting bagi kehidupan individu:
 1.Kehidupan beragama dalam keluarga
2.mempunyai waktu untuk bersama –sama dengan keluarga
3. mempunyai pola komunikasi  yang baik bagi sesama anggota keluarga,baik dengan kakak,adik maupun kekerabatan antar keluarga
4. saling menghargai satu dengan yang lainnya
5.masing-masing anggota merasa terikat dalam ikatan keluarga sebagai kelompok bila terjadi sesuatu permasalahan dalam keluarga mampu menyelesaikan secara positif konstruktif


http://iinaprilian.wordpress.com/2010/10/22/peran-keluarga-bagi-individu-terkait-kehidupannya-dalam-bermasyarakat/

Comments

Popular posts from this blog

2. Unsur-unsur Sistem komputer

3. Macam - macam alat Input, Output, Media Penyimpanan

HUBUNGAN GEOPOLITIK DAN GEOSTRATEGI ( Wawasan Nusantara Dan Ketahanan Nasional )